4.18.2009

SEO Siapakah Gerangan Dirimu??

SEO oh SEO...
Siapakah gerangan dirimu?


haha...udah kaya bait lagu aja ya? Yauda deh, baca aja artikel ini untuk tambah pengetahuan tentang SEO.

Pa patah mengatakan "Tak kenal maka kenalan", eh bukan ding, apa ya? Saya lupa..Bentar saya cari di google dulu. :P
Nah! Pepatah mengatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa (Nah lho? Ngaco lagi).
"Mas serius donk!"
Eh, iya mas..hehe..
Tak kenal maka tak sayang, makanya kenalan dulu nih sama yang namanya SEO.

Istilah “search engine optimization” pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada periode tersebut algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.


Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari yang sepenuhnya mengandalkan algoritma matematis untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan nilai fungsi matematis yang kompleks dari kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas bobot masing-masing link tersebut, dengan skala antara 1–10. Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki peringkat yang tinggi.

Udah cukup kenalannya, sekarang masuk ke topik intinya.

Berikut akan saya beberkan sedikit tips mengenai SEO :


  • Keyword Research, hal ini merupakan dasar dari SEO, hal yang paling penting adalah untuk mencari keyword yang tepat yang dapat mewakilkan isi dari situs/blog anda. Anda dapat mencari keyword yang tepat untuk situs anda melalui situs ini Wordtracker atau dapat juga menggunakan Google AdWords Keyword Suggestion Tool.
  • Title Tag Optimization, atau pengoptimalan label judul. Title tag sebaiknya berisi mengenai penjelasan singkat mengenai situs anda, dan sebaiknya penjelasan ini dibuat seunik mungkin dan berbeda pada setiap halaman. Saran saya yaitu, usahakan penjelasan singkat ini tidak lebih dari 60 karakter.
  • Optimalkan isi halaman, sedikit hal yang mengejutkan yaitu, situs yang mengandung banyak animasi flash, gambar lebih sulit untuk terindex ke dalam mesin pencari. Optimalkan isi halaman dengan memasukkan keyword ke dalam halaman anda. Sebagai contoh anda mungkin dapat memulai kalimat dengan keyword yang anda buat, hal ini akan memudahkan search engine spider untuk melakukan pengindexan.
  • Sebaiknya, bagian heading berisi dengan keyword yang mewakili seluruh isi dari halaman anda. Karena search engine menganggap heading merupakan cerminan (jah..bahasa apa ini) dari sebuah halaman situs.
  • Jika situs anda menyediakan layanan download atau yang lainnya, maka usahakan file tersebut juga memiliki hubungan dengan keyword situs anda.
  • Optimalkan Meta Tag anda! Meta tag menjelaskan mengenai isi dari web anda. Usahakan agar meta tag tidak lebih dari 150 karakter.
  • Bangun Link popularitas. Karena semakin banyak jumlah link berarti kemungkingan untuk website kita dapat menduduki peringkat atas di search engine semakin besar.

Sebenarnya hampir semua hal kecil diperhatkan demi mendapatkan page rank yang tinggi, namun hal itu terlalu sulit untuk dilakukan. Lakukan semua yang anda bisa, dan pelajari yang anda tidak bisa, jadi semuanya bisa anda lakukan. (Ciaelah...kata mutiara nih ceritanya)

Ah...saya rasa sudah cukup tips SEOnya.
Apa? Masih kurang puas? Nih, download ebook 101 SEO tips di sini.
Mau mempelajari tentang SEO lebih dalam? Baca yang satu ini. Atau yang ini juga boleh.

Info lanjut tentang SEO ada di sini.

Oke deh, selamat mempraktekan!

9 comments:

wahyudi said...

SEO ya!!!
Nyerah deh kalau yang satu ini.. Susah banget.. ~x(

penguinkribo said...

@wahyudi..
wahaha..apaan postingan tentang SEO d blog sampean jauh lebih banyak n ngelotok gitu toh...hehe
malah saya yang masih newbie

Rigar said...

Ngomongin SEO emang gak ada habisnya, tapi ngomongin seo pasti nyangkut sama Google.. Jadi yang gak ada habisnya tuh kang Google ya..

Jajang said...

kalo udah denger yang namanya SEO aku yg newbie kayaknya ~x( pusing
tapi mau gak mau harus belajar!

penguinkribo said...

@Rigar Yap tul bgt!
Google emang ada2 aja..(rese jg nih google) hehe..
Weits! ampun mbah Google, tar daku dikutuk ga dapet2 Page Rank lagi..haha

@Jajang
Mari belajar bersama...hehe

fauzi said...

makasih ya bos dah berkunjug.. artikelnya menarik.. n nambah pengetahuan.. n linknya dah ta pasang.. makasih

Anonymous said...

bintang lebe amat siih!
ha3

KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA said...

Setiap Search Engine memiliki algoritma atau konsepnya sendiri untuk menilai sebuah halaman pada situs.
Dengan cara memahami faktor-faktor umum yang mempengaruhi algoritma tersebut,
hal itu berarti dapat juga mempengaruhi posisi Anda dalam hasil pencarian yang dilakukan oleh calon pengunjung.
Inilah yang menjadi tujuan utama seorang ahli SEO. Pekerjaan SEO memiliki dua aspek yaitu: On-situs and Off-situs.

Salam dari kami :
KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

Obat Penyubur Kandungan Rahim said...

info penting ni... makasih gan.
Cara Cepat Hamil - Obat Pembesar Alat Vital

Post a Comment