4.15.2009

Selamatkan Penguin!

Mari kita mulai artikel ini dengan sebuah pertanyaan sederhana, kenapa polar bear tidak pernah memakan penguin? Bacalah artikel ini, dan mungkin teman-teman akan menemukan jawabannya =D. Tapi, artikel ini bukan tentang itu, namun ini tentang kepunahan penguin. Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu tentang kepunahan penguin. Well, mungkin teman-teman akan kaget mendengarnya, atau mungkin teman-teman sudah tahu. Tapi, bagi teman-teman yang belum mengetahuinya, silahkan baca artikel ini.
Dampak dari pemanasan global­­­, atau terkenal dengan nama global warming mulai terasa (sangat terasa) bagi sebagian orang yang menyadarinya dan peduli tentang ini. Baiklah, ya, saya tahu itu, tapi apa hubungannya dengan penguin?

William Fraser­­––ahli ekologi dari U.S.A––mengatakan bahwa pemanasan global menyebabkan terganggunya pola perkembangbiakan dari berbagai spesies penguin yang ada. Sebagai contoh, penguin adélie. Pada saat Fraser pertama kali berkunjung ke Palmer Station, Antarctica, Fraser mengatakan bahwa kita tidak bisa pergi kemanapun tanpa melihat ratusan bahkan ribuan penguin adélie. Tapi hal ini terjadi pada tahun 1974. Sedangkan pada saat ini, menurut sumber yang saya dapat, rasio perbandingan penguin adélie dengan manusia di daerah ini adalah 100 : 1. Apakah itu mengesankan? Tidak, kenapa? Karena populasi adélie penguin telah menyusut 80% dibandingkan tahun 1974! Fraser menambahkan bahwa adélie penguin terancam untuk punah dalam 8 tahun lagi! Dan mungkin, pada saat teman-teman sedang membaca artikel ini, populasi penguin adélie semakin menyusut dan kepunahan mereka semakin dekat.

Satu lagi data yang sangat mencengangkan yaitu, pada tahun 1974 teman-teman dapat menemukan sekitar 15.200 pasangan penguin adélie yang berkembang biak. Dan pada tahun 2003, kita hanya dapat menemukan sekitar 5.635. Sedangkan pada saat ini, para ilmuwan hanya dapat menemukan sekitar 3.393 pasangan yang berkembang biak, menyedihkan bukan?
Akankah kita biarkan ini berlangsung? Jika kita membiarkan ini terus berlangsung, maka bukan tidak mungkin lagi kalau 8 tahun lagi kita hanya dapat menemukan penguin sebagai sebuah patung di museum. Inikah yang kita inginkan? Jawabannya ada di tangan teman-teman. Care for the penguin, save them!

Oia, terima kasih telah membaca artikel ini, seperti janji saya, maka saya akan memberi jawaban dari pertanyaan di awal artikel ini. Jawabannya adalah, karena mereka tidak pernah bertemu. Kenapa? Karena penguin hidup di kutub selatan, dan polar bear hidup di kutub utara =P. Kecuali polar bear punya cukup uang untuk mengimport penguin dari kutub selatan. LOL.
Semoga artikel ini berguna bagi yang membaca dan yang belum, semoga baca =D.

––Bintang Pamungkas––

1 comments:

hangeng said...

Hand-sewn designer cat collar with Swarovski thomas sabo online shop deutschland
pearls and rhinestones will make your cat look like thomas sabo anhänger
she’s going out on a date and it’s perfect for Valentine’s thomas sabo glaube liebe hoffnung
day. Colors range from pink, black to red with little roses sewn onto thomas sabo armbänder
the collar, rhinestones wrap around the neckline between thomas sabo halsschmuck
the flowers adding to it’s romantic look. Personalized thomas sabo ohrschmuck
designer cat collars are becoming a big hit, get your cat’s name in rhinestones thomas sabo ohrringe seestern
so she can proudly wear it around her neck.Lulu’s leather cat collars are thomas sabo uhren
sleek and make your cat look smashing. thomas sabo armketten
These designer cat collars are one thin, leather strap with a small bell near schmuck thomas sabo the clasp.

Post a Comment