4.19.2009

Optimalkan Firefox

20070306-firefox Firefox mungkin yang terbaik di dunia browser, tapi sejak versi 2, FF bukan yang tercepat maupun yang teroptimal. Peningkatan jumlah fitur menyebabkan system requirements luar biasa tinggi, belum lagi sering hang dan hilangnya data. Huh! Firefox yang menyebalkan!

Namun semua masalah pasti ada jalan keluarnya (tua mode on!). :D Saya akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan Firefox.

1).Prefetch: (hanya untuk WinXP) versi terbaru dari Firefox memakan waktu untuk startup. Dalam rangka untuk mengurangi waktu startup, kita dapat mengatur Windows XP untuk prefetch ke dalam memori Firefox. Caranya? Klik kanan pada Firefox shortcuts, dan tambahkan "/ Prefetch: 1" (tanpa tanda kutip) ke sasaran. Jika Firefox sudah terpasang di standar C: drive, maka target akan terlihat seperti ini: "C: Program FilesMozilla Firefoxfirefox.exe" / Prefetch: 1. Tweak ini adalah built-in untuk Vista.

2).About:Config: Anda dapat mengakses berbagai pengaturan dengan memasukkan about:config ke address bar. Jika Anda benci dengan kode, Anda dapat menginstal Configuration Mania, sebuah addon yang fungsinya sama. Berikut adalah beberapa tweaks untuk memulai.

  • Membatasi RAM Usage: Penggunaan RAM dapat mencapai 250 MB bila Anda memiliki beberapa tab terbuka. Dalam about: config filter, masukkan browser.cache.disk.capacity atau browser.cache.memory.capacity (salah satu dari mereka bekerja). Klik dua kali nilai yang muncul, dan memasukkan nilai 5000 bagi anda dengan 512 MB atau kurang memori. Masukkan nilai 15.000 untuk memori 512MB ke 1 GB.
  • Menonaktifkan prefetch: FItur prefetching link mengganggu  menjadikannya sumber berbelit. Masukkan netwok.prefetch-next dan ubah nilainya menjadi FALSE.

3).Mengubah pilihan mengingat tab. Jika anda telah menyetting firefox untuk mengingat tab dan membukanya saat firefox mulai, maka settingan ini dapat merubah kecepatan startup firefox menjadi jauh lebih cepat Buka Tools > Options, lalu ubah “When Firefox starts:” to “Show a blank page”.

4).Install fasterfox addons untuk tweak berbagai pengaturan.

 

Untuk saat ini hanya segini tips yang dapat saya berikan, untuk tips tentang Firefox yang selanjutnya tunggu aja yah! :D

Tips tentang Opera, Google Chrome, maupun IE dan browser lainnya Insya Allah nanti saya posting juga.

Selamat Mencoba!

4 comments:

tipis said...

weh ternyata banyak yg belum saya tahu dari FF. hanya install, trus install addon yg perlu buat ngeblog, udah gk kepikiran yg beginian. makasih tipsnya ya :)

Rigar said...

:))Ribet amat pake rubah satu ini., mending Nunggu Opera 10+Turbo jadi final, sementara pake yang 9.6 dolo.. salam damai:(( =))

penguinkribo said...

@Rigar apapun browsernya yg penting di maksimalin aja..hehe
tapi kayanya saya jg mw pindah k lain hati...hehe :D

earn money said...

makasih dah mampir

Post a Comment